Selain Google Chrome, Berikut Iki 7 Aplikasi Browser Lainnya
Selain Google Chrome, Berikut Iki 7 Aplikasi Browser Lainnya

Selain Google Chrome, Berikut Iki 7 Aplikasi Browser Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi BrowserSalah satu perangkat lunak yang selalu ad adi setiap smartphone masa kini adalah aplikasi browser yang digunakan untuk mengakses konten di internet. Meskipun tersedia secara bawaan, nyatanya ada banyak app sejenis yang ditawarkan di penyedia aplikasi seperti Google PlayStore dan App Store. Tentu saja, agar pengguna bisa memilih mana perangkat lunak yang paling sesuai dengan kebutuhan dan seleranya. Ya, sama-sama digunakan untuk mengakses internet, nyatanya software untuk browsing bisa saja menawarkan pengalaman pengguna yang berbeda.

Aplikasi Browser Paling Cepat Anti Lelet

Daftar Aplikasi untuk Browsing dari Smartphone

Selain browser bawaan seperti Apple Safari, Samsung Internet Browser dan seterusnya, aplikasi browser yang paling banyak digunakan pada smartphone diantaranya adalah Google Chrome, Edge, Opera, Firefox, UC browser, Dolphin ataupun Apus yang mungkin juga sudah Kamu install salah satu diantaranya. Masing-masing menawarkan fitur fungsional dan ciri khas yang bisa saja lebih ideal untuk digunakan pengguna tertentu.

Ya, ada beberapa software peramban yang secara spesifik bahwa layanannya lebih unggul di aspek spesifik. Misalnya, menawarkan teknologi kompresi yang meningkatkan kecepatan memuat hasl pencarian meskipun kualitas koneksi kurang baik, ada pula yang lebih fokus pada kemampuan download dan upload, menawarkan VPN gratis hingga fitur blokir iklan yang benar-benar total. Ingat, kamu tidak harus mencoba semuanya untuk menemukan browser yang paling ideal dengan skema penggunaan, silakan cek rekomendasinya berikut ini:

1. Google Chrome

Google Chrome App
Aplikasi Google Chrome

Kepopulerannya di platform PC kemudian menjadi salah satu nilai plus dari Google Chrome, terlebih dengan populasi android yang kian meningkat. Kalau Kamu sering browsing sesempatnya, artinya pagi internetan dari HP lalu sorenya ingin melanjutkan di PC, Kamu bisa memanfaatkan akun Gmail agar bacaanmu dari HP bisa langsung Kamu lanjut dari PC. Selain fitur sync tersebut, Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti Safe Browsing, download konten, penghemat data sampai 60% yang efektif dan efisien.

2. Opera Mini

Opera Mini app
Opera Mini

Tak jauh berbeda dengan mesin yang digunakan pada Chrome, Opera Mini menawarkan VPN yang bisa Kamu pergunakan secara gratis tanpa perlu tambahan instal app lain. selain itu, fitur blokir iklan dan penghemat data ekstrim bisa saja sangat berguna bagi Kamu yang memiliki perangkat dengan spesifikasi terbatas. Selain itu, ia juga mendukung fitur sync dan mode malam yang membuat tampilan menjadi lebih redup, lengkap dengan penyesuaian kontras.

3. Firefox

Firefox App
Firefox

Salah satu software browser yang pernah menjadi penantang terkuat Chrome adalah Mozilla Firefox yang menawarkan visual menarik namun tetap intuitif. Tak hanya memiliki UI yang lebih segar, aplikasi browser Firefox ini tetap menawarkan fitur yang juga berkualitas mulai dari perlindungan privasi, akses tombol pintas, fitur pemblokir iklan, fitur pengelola kata sandi dan sebagainya. Ia juga mendukung fitur sync yang seakan menjadi hal wajib belakangan ini. Bagi Kamu yang menggunakan perangkat dengan spek terbatas, bisa juga mencoba versi Firefox Lite yang juga menawarkan private browsing, whole page screenshot dan sebagainya.

4. Apus Browser

Apus Browser App
Aplikasi Apus Browser

Software yang dikembangkan APUS Browser Dev Team ini juga bisa Kamu cek karena banyak disebut sebagai browser ringan, cepat dan mudah digunakan. Sama seperti kebanyakan browser populer, ia juga dilengkapi dengan mode penyamaran, mode malam dan cek keamanan URL. Kamu juga bsia mencoba hal lain seperti mode cepat, fitur download, mode permainan dan lainnya di app ini.

5. Dolphin Browser

Dolphin Browser App
Aplikasi Dolphin Browser

Salah satu browser yang paling lama berada di Playstore ini dikenal dengan fitur tambahan atau add-on yang lengkap. Fitur tambahan yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Ia juga dikenal sebagai tools yang andal, privat sekaligus aman. Berbagai fitur andalan yang bisa Kamu pertimbangkan antara lain flash player, AdBlock, mode Incognito, Add-On, Sonar dan sebagainya.

6. Puffin Web Browser

Puffin Web Browser App
Aplikasi Puffin Web Browser

Alternatif lain yang juga bisa Kamu andalkan ini menggunakan metode pemindahan beban kerja perangkatmu ke server cloud. Berbasis cloud, ia juga mampu menawarkan keamanan dari enkripsi cloud system untuk melindungi data para penggunanya. Software ini pun memiliki keunggulan dengan algoritme yang lebih powerfull dan diklaim sanggup menghemat bandwith sampai 90%.

7. UC Browser

UC Browser App
Aplikasi UC Browser

Bisa dikatakan, app yang satu ini juga salah satu yang paling populer di Google Playstore karena kemampuannya yang dipercaya untuk menangani aktifitas download. Ia juga disebut efektif dalam menghemat penggunaan kuota untuk browsing karena mendukung AdBlock dan kontrol video berbasis gerakan. Ia juga menawarkan mode malam pada tampilannya yang cenderung lebih fresh.

8. Nox Browser

Nox Browser App
Aplikasi Nox Browser

Nox Ltd. memperkenalkan software mobile untuk kebutuhan browsing lengkap dengan fitur multiple tab, proteksi data, pengelola unduhan, penelusuran offline dan mode penyamaran. Hal yang cukup menarik dari app ini adalah desain dan visual yang cukup menyegarkan.

Itulah beberapa deretan app yang bisa Kamu coba untuk menjelajah internet dari smartphone. Masih banyak software lain yang juga menjanjikan pengalaman pengguna terbaik lainnya di pasaran. Saking banyaknya, mungkin Kamu akan sedikit bingung memilih mana yang paling ideal untuk Kamu instal di perangkat. Untuk membantumu, berikut ada tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih browser.

Tips Memilih App Browser untuk Smartphone

Meskipun hanya di smartphone, nyatanya memilih aplikasi browser sama pentingnya dengan pilihanmu di komputer, terlebih bagi pengguna yang sering browsing in-the-go. Nah, daripada Kamu pusing bolak-balik cek info app di penyedia aplikasi, Kamu bisa mempertimbangkan sebuah app dari 5 aspek berikut

1. Fitur Sinkronisasi (Sync)

Kamu yang sering melakukan browsing dari berbagai perangkat, misalnya dari laptop Windows, smartphone Android dan iPad sesekali, maka fitur sinkronisasi ini bisa saja banyak memudahkanmu nantinya. Browser seperti Dolphin dan Puffin menawarkan fitur yang menjanjikan memang, sayangnya mereka hanya bisa digunakan di perangkat mobile saja. Pilihanmu yang tersisa mungkin hanyalah Chrome, Firefox dan Opera untuk menikmati fitur sync dan langsung mengakses bookmarks dan bacaan terakhir dari perangkat manapun.

2. Keamanan

Banyak developer menjanjikan fitur keamanan terbaik, yang sayangnya mungkin masih tak sebaik itu. Tetap saja ada jejak pengguna yang mungkin saja dikumpulkan dan bisa saja disalahgunakan atau bocor yang tak diinginkan. Salah satu contoh yang bisa Kamu pertimbangkan jika keamanan menjadi perhatianmu adalah Ghostery Privacy Browser yang terkenal dengan private browsing, termasuk pengelolaan pelacakan secara terpisah, mencegah pelacakan, hapus cookie dan cache dalam sekali klik hingga pencarian aman menggunakan DuckDuckGo.

3. Fitur Tambahan

Sebagian besar aplikasi browser populer saat ini sudah dibekali dengan berbagai fitur standar layaknya peramban, misalnya tab pribadi, dukungan bookmark, opsi berbagi hingga riwayat. Namun ada pula developer yang melengkapi software buatannya dengan fitur lain yang bisa saja sangat Kamu butuhkan. Dolphin dengan berbagai add-ons gratisnya contoh, menawarkan akses cepat ke website pilihanmu atau operasi tertentu cukup dengan menggambar. Puffin dengan kustomisasi tampilan, Opera dengan akses cepat dengan scan QR dan mode malam. Serta masih banyak lagi fitur tambahan yang bisa saja jadi alasan utama Kamu memilih browser tersebut.

4. Tampilan

Ada sebagian orang yang sangat peduli dengan tampilan melebih fungsionalitas, tak terkecuali untuk app browser di ponsel mereka. Kadang, tampilan putih bersih di Safari bisa saja kurang menyenangkan. Di lain sisi, tampilan Puffin di android terkesan telalu berlebihan. Ini sangat bergantung pada seleramu sebagai pengguna. Tak salah Kamu mementingkan tampilan dengan kustomisasi warna, wallpaper dan tema seperti yang didukung pada app Dolphin ataupun Puffin. Tapi jika tak terlalu, Opera Mini bisa jadi pilihan seandainya suatu saat Kamu sedikit bosan dengan tampilan.

5. Selera

Kalau Kamu sudah terlanjur klop dengan salah satu software browser, atau sudah pernah mencoba banyak diantaranya dan setia pada perangkat lunak yang itu-itu saja, mungkin ini mulai masuk ke ranah selera. Sama seperti yang dialami oleh para pengguna Firefox yang enggan beralih ke Chrome karena terlanjur nyaman dan percaya pada apa yang diberikan oleh Mozilla tersebut. browser tyang selama ini mereka gunakan masih memuaskan dan tak perlu mencoba-coba app lain.

Itulah daftar rekomendasi beberapa software ponsel untuk menjelajah internet dan tips untuk memilih salah satu diantaranya.